Chat us now!

RAMADHAN OFFER. BUY 2 GET 15% OFF, BUY 3 GET 20% OFF FOR ALL ITEMS - PROMO ENDS 31 MARCH 2024

Asana Free ShippingFree shipping no min order
Asana Secure PaymentSecured Payment



Setuju, tidak setuju cara berpakaian mampu mempengaruhi kesuksesan dalam seseorang. Memang benar, cara berpakaian tidak bisa menjamin kepribadian maupun nilai Anda sebagai manusia.

Namun pada realitanya, hal yang pertama kali dinilai seseorang ketika bertemu bermulai dari penampilan. Ketika bertemu seseorang baru, wajah dan baju yang dipakai akan membentuk sebuah persepsi dalam pikiran pada lawan bicara. Terutama dalam dunia pekerjaan, hal ini memiliki nilai yang signifikan dapat mampu mempengaruhi bagaimana orang lain memandang diri kita.

Berdasarkan penelitian dari Dewan Riset Nasional Kanada (NRCC) menemukan bahwa penampilan sangat mempengaruhi mempengaruhi persepsi orang lain terhadap kesuksesan, kondisi keuangan, otoritas, kepercayaan, kecerdasan, dan peluang untuk mendapatkan promosi.

Selain itu, hal yang terpenting adalah cara kita berpakaian tidak hanya mengkomunikasikan siapa diri Anda dalam pikiran orang lain, tetapi juga tingkat kemajuan karier.

Tentunya cara kita berbusana yang benar dimulai ketika Anda sedang berjuang mendapatkan kerja. Lantas, kita tips apa saja yang harus diketahui agar Anda sukses saat wawancara kerja? Ayo kita simak ulasannya.

1. Sesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar

Terkadang saat melamar pekerjaan kita pasti pernah terlintas pikiran bahwa dalam memenangkan hati sang pewawancara, kita harus tampil secara extra untuk memberikan kesan lebih. Lavir Margolin, seorang penasihat karier memberikan analogi tentang wawancara untuk posisi ‘tukang daging’. “Demi mengesankan tampilan profesional, kandidat memakai jas lengkap beserta vest, dasi, dan sepatu pantofel.” Alhasil, pemilik toko daging merasa bahwa kandidat tersebut bukan tipe orang berani kotor. Memakai jas dan dasi memang tepat untuk wawancara perusahaan, tetapi belum tentu cocok untuk pekerjaan lain. Maka sesuaikan pakaian untuk pekerjaan yang ingin dilamarkan.

2. Jangan memakai baju ber-Merk dari ujung kepala sampai ujung kaki

Kesalahan selanjutnya yang masih sering dilakukan adalah mengenakan busana dengan level di atas posisi yang dilamar. Misalnya mengenakan jas, dasi, dan sepatu mahal tetapi posisi yang dilamar adalah level staf. Nanti pewawancara akan berpikir bahwa Anda bukan tipe pekerja yang mau diajak susah.

3. Wajib Tampil Rapi

Bagi para fresh graduate yang baru pertama kali mencari kerja, kemeja putih dipadu dengan celana atau rok hitam sering dijadikan outfit andalan. Gaya berbusana seperti ini memang merupakan penampilan sederhana dan rapi. Namun harus dicatat, kalau Anda sedang melamar pekerjaan pada bidang kreatif, malah pakaian seperti ini membuat Anda dianggap membosankan.

4. Jangan memakai aksesoris berlebihan

Pakailah aksesoris secukupnya bila datang melamar, dan hal ini juga berlaku terus ketika kita pun diterima bekerja. Bagi para pria, pakailah jam tangan sehinggan hal ini menunjukan bahwa Anda adalah orang yang menghargai waktu. Bagi wanita, pilih perhiasan sederhana seperti anting yang sewajarnya atau kalung yang tidak mencolok dan gunakan makeup natural. Ingat, Anda melamar kerja bukan ke pesta sehingga pilihlah tampilan profesional dan bukan heboh. Bonus tips, bila Anda memakai parfum maka gunakan yang berwangi ringan dan hindari bau yang bersifat menyengat.

5. Jangan mengenakan sesuatu yang tidak membuat nyaman

Seperti contoh apabila Anda tidak menyukai menggunakan warna baju yang dipakai, atau tidak terbiasa memakai sepatu berhak tinggi bagi yang wanita. Maka segera ganti ke pakaian yang mampu membuat Anda lebih nyaman memakainya, dikarenakan bahwa bila memakai sesuatu yang membuat tidak nyaman maka hal tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri Anda.

Akibatnya terburuknya Anda akan lebih terfokus membenahi penampilan, bukan menjawab pertanyaan dari pewawancara. Ketika berpenampilan sudah sempurna, langkah selanjutnya adalah memoles keahlian dalam menghadapi wawancara. Semoga berhasil!


Reference:

Nurseffi Dwi Wahyuni - Liputan6.com




Comments: 0

No comments

Leave a Reply

Your email address cannot be published. Required fields are marked*