Chat us now!

GET 20% OFF FOR SECOND PRODUCT, ALL ITEMS - PROMO ENDS 30 APRIL 2024

Asana Free ShippingFree shipping no min order
Asana Secure PaymentSecured Payment


Kalau mendengar kata 'batik', tentu tak satupun orang Indonesia yang tidak mengenal budaya Bangsa kita tersebut. Namun, Hari Batik Nasional? Apakah banyak dari kalian akrab dengan hari yang membanggakan tersebut?

Sebelumnya batik memang sudah dikenal sebagai karya bangsa kita sendiri, tapi tak hanya hanya disitu bahkan batik juga menjadi sebuah identitas dan jati diri dari tanah air kita loh. Keunikan dari batik kita yang indah membentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain. Setiap batik yang dibuat tentu memiliki ciri khas tersendiri yang membuat siapapun yang melihatnya langsung bisa mengenal inilah batik budaya kami, Indonesia. Kerajinan dari masing-masing daerah inilah yang mampu menunjukan keberagaman budaya bangsa Indonesia yang didekap erat oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Pada awalnya akibat keindahan dari sebuah batik, terdapat munculnya kasus pengakuan budaya batik oleh para manca negara lain. Atas dasar hal tersebut, Indonesia mengambil tindakan dengan menetapkan secara sah budaya batik pada UNESCO persis pada 1 dekade (10 tahun) yang lalu, tepatnya jatuh pada tanggal 2 Oktober 2009. Mulai semenjak saat itu, tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional (Batik Day) dan bahkan batik Indonesia telah ditetapkan ada dalam daftar representatif warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi di Abu Dhabi Uni Emirat Arab.

Penetapan dari batik sebagai simbol, identitas, karya dan budaya bangsa Indonesia sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional. Saat ini telah benar terbukti bahwa batik sudah mulai Go International! Batik juga diakui sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa bangga masyarakat terhadap kebudayaan bangsanya.

Fakta uniknya yaitu batik pertama kali diperkenalkan pada dunia oleh Presiden Soeharto ketika beliau menghadiri Konferensi PBB bersama negara lainnya. Nah, karena hal itulah yang membuat banyak tokoh-tokoh terkenal dunia mulai ikut mengenakan batik seperti Barack Obama, Bill Gates, Nelson Mandela, dan masih banyak lagi.

Perayaan dari hari Batik Nasional ini diadakan sebagai rasa syukur kepada hasil karya kesenian dan budaya bangsa Indonesia serta melestarikan budaya kebanggaan tanah air kita. Makanya, yuk kita ikut merayakan dengan pakai batik di Hari Batik Nasional!  



Reference:

karirkawanlama.com

todayonline.com

dailymail.com



Comments: 0

No comments

Leave a Reply

Your email address cannot be published. Required fields are marked*