GIFT WITH PURCHASE, Get Batik Accessory with every purchase of min. 349K, Valid till 31 July 2019

Asana Free ShippingFree shipping no min order
Asana Secure PaymentSecured Payment
Asana Phone(+62) 813 8066 6189



Mulai dari Barack Obama ke Mark Zuckerberg, dari Jokowi sampai Titiek Puspa, maupun dari para pekerja sipil sampai kepada para anak sekolahan. Kita semua pun ikut serta merayakan design batik dengan mengenakannya sebagai identitas bangsa dan sebagai suatu bentuk apresiasi kita dari salah satu warisan dunia. Namun, sayangnya atas hal ini hanya sebagian kecil orang saja yang mengetahui alasan mengapa Batik telah dinobatkan sebagai "Intangible Cultural Heritage of Humanity" oleh UNESCO pada tahun 2009; dan berikut merupakan alasannya:

1. Setiap design Batik menceritakan kisah dan filosi dibaliknya

Setiap masing-masing daerah di Indonesia memiliki desain karakteristik oleh batiknya sendiri, dan masing-masing mewakili kebanggaan yang dipegang oleh setiap daerah. Seperti contoh Batik Khas Solo memiliki Batik Parang. Motif desain dari batik tersebut melambangkan gelombang tak berujung yang ditemukan di lautan Indonesia yang tidak pernah berhenti bergerak, dan secara tidak langsung mengartikan filosofi hidup untuk tidak pernah menyerah

mengahadapi tantangan.

2. Proses pembuatannya memerlukan dedikasi dan waktu yang lama

Pada dasar dan awalnya batik dibuat secara manual atau handmade. Hari menjadi minggu dan minggu menjadi bulan dengan proses pada awalnya Pengetelan (kain direbus dengan herba) - Menyorek (menggambar pola diatas kain) - Nyanting, Nembok, Nerusi (menggambar ulang dengan lilin panas) - Pewarnaan (Teknik pewarnaan) - Ngerok Ngelorod (mengorek dan merebus kain untuk menghilangkan lapisan lilin) - Penjemuran (Proses pengeringan kain). Semua proses ini tentu membutuhkan dedikasi, daya tahan, dan keteguhan untuk menciptakan sebuah Mahakarya tunggal yaitu Kain Batik dengan teknik tradisional.

3. Motifnya hanya ada satu-satunya (one-of-a-kind)

Ingatkah pada ketika Malaysia menyatakan Batik adalah miliki negaranya? Dan hal itu merupakan alasan yang sama mengapa batik meruapakn one-of-a-kind atau satu-satunya dan yaitu dikarena keunikan yang dimilikinya. Motif yang dimiliki dengan warna-warna pilihan dan desain yang mahakarya membuat batik itu berbeda sehingga membuat negara-negara lain sangat begitu menginginkan batik sebagai bagian dari warisan budaya mereka.


Reference: Sunakajewelry's Blog of '3 reason world praises batik'




Comments: 0

No comments

Leave a Reply

Your email address cannot be published. Required fields are marked*